Sunday, 21 April 2019

11 Komponen Transmisi Pada Mobil

Transmisi pada mobil


Sistem transmisi atau yang dikenal dengan sistem penggerak merupakan salah satu sistem yang ada di dalam sebuah kendaraan tidak terkecuali untuk mobil. Untuk mobil, terdapat dua jenis sistem transmisi yang digunakan yaitu sistem transmisi manual dan sistem transmisi otomatis. Kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai sistem transmisi manual.

1. Poros Info Transmisi (Transmission Information Salt): Sebagai poros yang bekerja sama dengan kopling untuk memutar gigi di dalam girboks.

2. Gigi Transmisi (Rigging Transmission): Berfungsi mengubah input tenaga dari mesin menjadi dari yield gaya torsi sesuai dengan yang dibutuhkan kendaraan.

3. Gigi Penyesuaian (Synchcroniser): Untuk memindahkan gigi pada saat mesin mobil sedang berkerja.

4. Garpu Pemindah (Move Fork): Berfungsi memindahkan gigi pada porosnya, sehingga gigi akan mudah untuk dipasang atau dipindahkan.

5. Tuas Pemindah Persneling (Apparatus Move Switch): tuas untuk memungkinkan pengemudi dapat memindahkan gigi transmisi bedasarkan kondisi mengemudi.

6. Bak Transmisi (Transmission Case): Digunakan sebagai dudukan bearing transmisi serta poros-poros.

Selain itu, bak transmisi juga digunakan untuk wadah penyimpanan oli transmisi.

7. Bantalan (Principle Bearing): Berfungsi mengurangi gesekan yang terjadi, antara permukaan komponen yang berputar di dalam sistem transmisi.

8. Counter Rigging: Untuk menghasilkan torsi dari gigi input menuju gigi kecepatan.

9. Turn around Rigging: Mengubah arah dari putaran yield shaft, sehingga mobil bisa berjalan mundur.

10.Gigi Konter (Counter Apparatus) : Digunakan untuk menghasilkan torsi dari gigi input menuju gigi kecepatan.

11.Speedometer Apparatus : Komponen ini sebagai penggerak kabel yang dapat mengukur rpm kecepatan dari mobil yang dikendarai.

Berikut adalah penjelasan tentang komponen transmisi yang perlu anda ketahui, dan bisa anda pahami apa saja fungsi dari komponen tersebut dan juga cara kerja dari komponen tersebut. Dengan adanya artikel ini maka akan sangat membantu anda untuk memahami semua komponen transmisi pada kendaraan anda.

No comments:

Post a Comment