Sunday, 7 April 2019

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Yg Rusak

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Yg Rusak

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil – Sampai saat ini mobil masih menjadi pilihan bagi banyak orang untuk menjadi kendaraan pribadi meski bisa di katakan saat ini sudah begitu banyak sekali mobil pribadi yang mengisi jalanan di setiap daerah. Hal tersebut tentu saja tidak terlepas dari banyaknya inovasi dan regenerasi pada setiap tipe mobil yang ditawarkan dengan jauh lebih menarik. 

Disamping itu juga harga mobil saat ini juga sangat berafariatif mulai dari yang murah hingga yang mahal. Dengan banyaknya mobil yang ada saat ini tentu saja lapangan kerja menjadi seorang mekanik play on words cukup terbuka lebar. Dimana profesi sebagai montir sangatlah di butuhkan bagi banyak orang, terutama ketika mobil pribadi yang dimiliki mernalami kerusakan ataupun yang lainnya. 


Nah bicara soal kerusakan mobil, ada nih salah satu penyeban mobil tidak bisa di starter dengan baik. Yaitu terjadi kerusakan pada bagian dinamo starter mobil. Untuk itu lewat artikel terbaru mesinmotor.com ini, akan kami jabarkan secara mendetail mengenai penyebab dan cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak karena berbagai macam hal. 


Keberadaan dinamo starter pada sebuah mobil sangatlah penting, karena merupakan salah satu kompone utma yang bertugas untuk bisa menggerakan mesin sehingga mesin mobil bisa menyala dan tentunya mobil bisa di gunakan dengan sempurna. Dinamo sendiri merupakan sebuah mesin listrik yang akan membanginkan mesin mobil dengan mengubah energi listik menjadi energi kinetik untuk menggerakan suata bagian pada mobil. 


1. Komponen Dinamo Starter 


Selain itu dinamo starter sendiri memiliki beberapa komponen penting yang dapat menunjang kerja dinamo tersebut, jadi sebelum melangkah pada pembahasan mengenai cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak, akan lebih baik kita pahami terlebih dahulu bagian-bagian atau komponen dinamo starter tersebut agar kalian jauh lebih memahaminya. Dan komponen-komponen tersebut antara lain 



  1. Polo center 
  2. Armature brakle 
  3. Burden 
  4. Armature dan shaft 
  5. Starter clucth 
  6. Drive 
  7. Attractive Switch 
  8. Pinion gear 


2. Fungsi Komponen Dinamo Starter 


Setelah mengetahui komponen-komponen diatas tentunya kalian bertanya-tanya apa saja sih fungsi dari ke-delapan komponen utama dinamo starter diatas? tidak usah bingun karena sebelum membahas mengenai cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak akan kami jabarkan terlebih dahulu macam-macam fungsi dari komponen-komponen utama dinamo starter diatas. Dan berikut kami jabarkan secara detail. 



  1. Polo Center merupakan sebuah komponenyang berfungsi untuk meneruskan arus listrik yang berasal dari field curl ke bagian artameture loop, yang kemudian akan di teruskan kembali ke massa dengan menggunakan komutator. 
  2. Armature Brake merupakan sebuah komponen utama dalam dianmo starter yang mempunyai fungsi untun melakukan pegereman putaran dinamo yang berasal dari armature dinamo 
  3. Sementara Burden mempunyai fungsi sebagai tempat atau wadah dari polo center yang sudah kami jelaskan diatas 
  4. Armature dan Shaft juga menjadi salah satu komponen penting dalam dianmo starter yang mempunyai fungsi untuk bisa merubah sebuah energi mekanik kedalam energi putar atau gerak putar 
  5. Starter Clucth play on words menjadi salah satu bagian yang cukup penting keberadaannya, karena dalam dinamo starter komponen ini memiliki fungsi untuk memindahkan momen puntihr yang berasal dari armature shaft menuju roda penerus 
  6. Drive juga mempunyai fungsi yang begitu penting dalam kinerja dinamo starter mobil, yang mana untuk komponen ini berfungsi untuk mendorong pinion gear mendekat atau menuju ke arah posisi ring gear 
  7. Attractive Switch mempunyai fungsi sebagai penyambung atau melepaskan pinion gear dan juga akan menghubungkan arus listrik yang berasal dari aki mobil untuk menuju ke field loop, armature, serta ground. 
  8. Dan yang terakhir adalah Pinion Rigging, fungsi dari komponen ini adalah untuk meneruskan daya putar starter agar bisa menuju ke mesin mobil dengan memutar ring gear 


Pada sebuah mobil jelas adanya dinamo starter menjadi komponen yang begitu penting keberadaanya, berbeda pada engine, yang apabila dinamo starternya rusak bisa di hidupkan dengan menggunakan cara manual. Namun sama seperti komponen mobil yang lainnya, dinamo starter juga bisa mendapatkan sebuah masalah yang tentu akan berakibat lethal yaitu mesin mobil tidak mau menyala. Oleh karena itu perawatannya play on words juga harus di kerjakan secara rutin. 


Namun apabila sudah terlanjut terkena masalah nom de plume rusak, tentunya kalian harus membertulkannya agar performa mobil bisa kembali di andalkan. 


3. Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak 


Salah satu penyebab tidak bisa bekerjanya atau rusaknya dinamo starter mobil adalah bagian solenoid starter yang mulai rusak. Dan biasanya kerusakan ini terjadi pada bagian atau gulungan (switch). Sementara pada bagian ini juga terdapat dua gulungan yaitu "Hold in Curl" dan "Draw in Loop". 


Apabila gulungan Draw in Curl tersebut rusak, sudah jelas daya magnet yang terdapat pada sebuah dinamo starter yang berfungsi untuk menahan pinion berkurang. Bahkan hal ini juga biasanya terjadi sebelum roda tersebut berputar sehingga mobil play on words tidak akan bisa menyala sebelum gulungan Draw in Curl tersebut di ganti dengan yang baru. 


Dengan rusaknya gulungan Draw in Curl tersebut, makan akan mengakibatkan gear pinion starter bisa bergerak kebelakang false name mudur. Sementara itu penyebab lain dari rusaknya dinamo starter adalah Carbon brush sudah habis sehingga dinamo quip tidak dapat menghubungkan Draw in Loop diatas dengan bagian groud pada rangkaian kelistrikan mobil.



1. Memperiksa Soket Otomatis pada Dinamo Starter 

Apabila mobil tiba-tiba tidak bisa distarter maka salah satu penyebabnya bisa jadi karena dinamo starter rusak. Hal ini bisa juga di tandai dengan lampu kontrol pada dashbord bisa dsahbord menyala bahkan biasanya juga berkedip, maka apabila hal tersebut terjadi ada baiknya kalian melakukan hal sebagai berikut: 

  • Periksa soket otomatis yang terdapat pada dinamo starter (biasanya terdapat satu kabel kecil yang terhubung ke bagian dinamo starter) 


  • Periksa kondisi kabel kecik (kabel otomatis) itu dalam kondisi baik, terlepas, atau bahkan putus 


  • Periksa bagian sikring dan relaynya, apabila saat menstarter terdapat bunyi "Klek" maka kemungkinan besar kerusakan ada pada bagian hand-off atau sikringnya 


  • Bila sudah di periksa namun tetap tidak bisa distarter maka sebaiknya kalian bawa saja mobil kalian ke bengkel 


  • Untuk menyalakannya, bisa kalian dorong 


Nah itu adalah beberapa cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak dengan cepat dan straightforward, terkeciali memang sudah begitu parah, mau tidak mau kalian harus membawanya ke bengkel untuk di perbaiki oleh ahlinya yaitu montir.

No comments:

Post a Comment