Saturday, 6 April 2019

Cara Merubah Suara Knalpot Mobil


Keadaan teknologi yang semakin canggih, menjadikan semua orang ingin serba cepat sampai di tempat yang dituju. Sudah banyak bermacam kendaraan yang bisa dipilih sebagai alat transportasi. Mulai dari kendaraan umum seperti transport, angkot, ojek, dll.

Tapi kebanyakan orang memilih mobil sebagai kendaraan pribadi mereka. Karena selain untuk memperlihatkan status sosial mereka, mobil dipilih lantaran kenyamana dalam berkendara . Jika naik angkutan umum pastinya tidak akan nyaman karena banyaknya pengendara lain yang berdesak-desakan, polusi jalanan yang semakin kotor dan waktu tempuh yang lama karena kebiasaan supir yang menunggu penumpang lain dulu sebelum jalan.

Selain itu, kendaraan mobil dipilih lantaran adanya kesukaan/kegemaran orang dalam memodifikasi mobil. Keadaan mobil dalam kondisi standar secara terus menerus akan menimbulkan rasa bosan saat mengendarai mobil. Oleh karena itu kurang lengkap rasanya kalau tidak melakukan modifikasi pada mobil, apalagi bagi yang hobi atau gemar dengan otomotif.

Cara Merubah Suara Knalpot Mobil

cara memodifikasi mobil yang dilakukan mulai dari eksterior mobil sampai inside mobil. Modifikasi eksterior mobil diantaranya beberapa komponen yaitu body, warna, variasi gambar, kap mobil, warna kaca mobil, spion, boycott serta velk. Bagian inside mobil yang bisa di modifikasi diantaranya jok, pedal, framework sound video, dashboard, setir dan beberapa bagian lain.

Selain itu banyak pemilik mobil yang melakukan modifikasi pada knalpot mobil mereka dengan tujuan supaya knalpot terdengar lebih keren dan garang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara merubah suara knalpot mobil, yuk kita simak penjelasan berikut ini :

1. Memodifikasi Knalpot Header 

Mengganti header pada knalpot mobil bawaan pabrik dengan header baru, bertujuan untuk meningkatkan performa mesin mobil kamu juga membuat suara kenalpot yang diinginkan. Sebenarnya fungsi knalpot hanya untuk mengeluarkan gas buangan dari ruang bakar mesin.

Tapi jangan anggap remeh fungsi knalpot, gara-gara gas buangan yang dikeluarkan buruk maka akan mengakibatkan performa mesin mobil kamu turun. Sehingga mobil kamu akan boros bahan bakar dan mesin menjadi loyo atau tidak bertenaga. Baca juga mengenai cara memperbaiki jok mobil yang keras.

Tiga bagian framework gas buangan terdiri dari header atau complex, pipa penyalur, dan silencer atau suppressor. Selain ke tiga framework itu terdapat juga resonator, glasspacks, converter dan synergist.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah panjang pipa dengan tekukannya. Performa mesin pada RPM ditentukan oleh panjang pipa dan tekukan yang sesuai atau tidak. Melapisi header dengan keramik bertujuan untuk mengurangi reduksi panas yang ditimbulkan oleh knalpot.

Perbandingan konfigurasi yang perlu dilakukan adalah 4:1 (empat pipa header masuk menjadi satu dalam pipa pembuangan) atau konfigurasi 4:2:1 (empat pipa header dijadikan dua bagian yang terpisah dan menjadi satu bagian kembali pada pipa pembuangan).

Untuk mereduksi tingkat dari emisi gas buangan yaitu CO maka diperlukan synergist, biarpun catalic converter dapat menghambat dalam pembuangan gas yang lancar. Tapi lebih baik untuk melepas catalic converter dengan memperhatikan penggantian pipa knalpot header. Cara ini tidak hanya untuk mengatur tekanan gas saja tapi untuk mengatur karakter suara knalpot yang diinginkan juga. Baca juga mengenai cara memodifikasi mobil.

2. Modifikasi Knalpot Mobil Chamber Supaya Terdengar Garang 

Cara merubah suara knalpot mobil beritnya ialah agar terdengar lebih garang. Untuk mendapatkan suara knalpot yang lebih garang, salah satunya yaitu dengan cara memodifikasi kenalpot chamber. Jenis knalpot hustling yang banyak diminati ini adalah knalpot yang memang dimodifikasi untuk menghasilkan suara knalpot yang garang.

Cara yang perlu dilakukan adalah kamu tinggal membersihkan sisi dalam kenalpot, kemudian mengganti saringannya dengan saringan yang dibuat sendiri. Dalam cara ini pasti ada compositions pemotongan dan mengakibatkan bagian knalpot terdapat bekas sambungan.

Knalpot header dan knalpot chamber memiliki permasalahan yang sama yaitu sering mengeluarkan asap putih yang dikeluarkan oleh knalpot mobil kamu. Biasanya asap putih ini keluar pada pagi hari, semua itu disebabkan karena air atau embun yang mengendap di knalpot, kemudian terbakar oleh knalpot hustling yang panas.

Asap putih yang disebabkan oleh oli mesin yang terbakar patut diwaspadai, karena itu menandakan oli mesin mobil kamu bocor. Kalau sudah terjadi seperti ini, segeralah bawa mobil kamu ke bengkel. Baca juga mengenai cara merawat kemudi mobil.

Mungkin kamu akan kesulitan untuk membedakan asap putih yang keluar itu akibat embun apa oli. Nah begini cara membedakannya, dekatkan cermin pada lubang knalpot mobil kamu, maka jika terdapat bercak-bercak hitam itu tandanya oli mesin kamu bocor ( tandanya bahaya).

Tapi jika cuma muncul bercak air, kamu tidak usah khawatir itu tandanya asap putih karena adanya embun yang menempel di knalpot. Jadi jika kenalpot header atau chamber kamu mengeluarkan asap putih jangan terlalu khawatir, periksa terlebih dahulu jangan langsung di bawa ke bengkel.

Itulah beberapa cara untuk merubah suara knalpot mobil kamu. Jangan sampai melakukan modifikasi kenalpot sendiri di rumah bila kamu tidak tau caranya, salah-salah knalpot mobil kamu bisa hancur lebur hehe.

Kamu cukup bawa mobil kamu ke bengkel dan serahkan semuanya pada bengkel, kamu hanya tinggal tentukan suara knalpot yang di inginkan. Tapi untuk menambah pengetahuan, tidak ada salahnya bila kita belajar bagaimana cara merubah suara knalpot mobil.

0 comments :

Post a Comment