Selamat Datang Di Galery Mobil

Cara Rawat Dan Membersihkan Filter Ac Mobil

GaleryMobil - Penggunaan Air conditioning pada mobil adalah hal yang sangat penting, apalagi saat udara sedang panas-panasnya. Akan tetapi tidak jarang kita menemukan air conditioning mobil yang tidak dingin saat dihidupkan atau tidak bekerja dengan maksimal.


Maka dari itu kita perlu tahu apa yang membuat air conditioning mobil tidak dingin. Dan berikut ini adalah penyebab air conditioning mobil tidak dingin.


  • Freon yang sudah mulai habis akan membuat air conditioning menjadi tidak dingin. Freon yang habis ini karena sudah dipakai dalam waktu lama atau juga bisa karena terjadi kebocoran. 



  • Curl yang rusak atau putus juga bisa menyebabkan air conditioning tidak dingin. 



  • Fan belt air conditioning bisa putus dan menjadikan air conditioning tidak dingin, padahal belt ini berguna untuk menyalurkan putaran mesin menuju kompresor. 



  • Radiator yang kotor dan jarang dibersihkan akan membuat kinerja air conditioning berkurang. Kotoran ini akan membuat mesin air conditioning berkarat dan pembuangan panas menjadi tidak maksimal. 



  • Adanya cooling fan yang bermasalah. Jika cooling fun mati atau masih hidup maka putarannya akan sangat lemah. Hal ini menyebabkan kondensor tidak bisa membuang panas, sehingga udara sejuk yang keluar menjadi tidak maksimal. 



  • Overheat dapat terjadi karena tekanan dalam air conditioning terlalu besar. Tekanan yang terlalu besar ini akan membuat putusnya attractive grip menuju field curl, akibatnya body kompresor tidak berjalan dengan baik. 



  • Evaporator yang jarang dibersihkan akan membuat debu dan kotoran terhisap lalu masuk ke permukaan. Hal ini bisa membuat debu dan kotoran menumpuk dan aliran udara terhambat. Akhirnya sumbatan kotoran ini akan membuat udara sejuk air conditioning tidak kencang. 


7 Cara Merawat Dan Membersihkan Air conditioning Mobil Yang Benar


  1. Letak channel udara air conditioning ada di dasboard mobil yaitu sebelah kiri supir. Pertama bukalah laci mobil Anda 
  2. Kemudian perhatikan pentolan pengunci laci di kanan dan kiri laci. Lalu tekan ke arah dalam laci kanan serta kiri dengan menariknya secara perlahan ke arah Anda supaya pentolah lepas dari pengait. 
  3. Jika laci sudah terlepas maka perhatikan bagian dalam terdapat penutup channel yang biasanya bertuliskan UP. Selanjutnya tekan lock penutup channel ke arah kanan Anda. 
  4. Penutup channel biasanya terdapat logo UP untuk mempermudah pemasangan supaya tidak terbalik. 
  5. Jika tutup channel sudah terbuka maka perhatikan letak channel udara air conditioning dan ambil channel udara tadi. 
  6. Bersihkan channel menggunakan kompresor angin atau kuas secara perlahan. Jangan membersihkan channel dengan air karena tidak dianjurkan. 
  7. Bersihkan channel air conditioning mobil Anda secara rutin sebulan sekali agar kondisi air conditioning mobil tetap prima. 


Demikian beberapa ulasan artikel mengenai penyebab air conditioning mobil tidak dingin dan tips merawat dan membersihkan channel air conditioning mobil yang baik dan benar tanpa merusak komponen tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Rawat Dan Membersihkan Filter Ac Mobil"

Post a Comment