Thursday, 25 April 2019

Fungsi Water Pump 2F

Jika tidak ada pompa air maka air pendingin tidak dapat bersirkulasi sehingga tidak akan mungkin terjadi pendinginan pada mesin 2f anda, dan jika tidak ada pendinginan tentu saja akan menyebabkan mesin over warming.

Fungsi pompa air 2f sendiri berfungsi untuk memompa air agar air pendingin dapat bersirkulasi pada bagian-bagian mesin 2f melalui water coat guna untuk melakukan pendinginan atau juga pompa air berputar sesuai dengan putaran mesin 2f, pompa air ini terletak atau tersambung dengan pulli (dibelakang kipas pendingin) dan pulli ini terhubung dengan v-belt. Oleh sebab itu putaran dari pompa air sebanding dengan putaran mesin 2f.

Pentingnya cara kerja dari water pump atau pompa air ini, maka pompa air perlu dirawat dan selalu diperiksa dan anda perlu mengenali kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada water pump.

Kerusakan water pump

Pompa air ini jika rusak tentu saja akan membahayakan mesin mobil, sebab dengan tidak maksimalnya sirkulasi air membuat mesin menjadi overheating. Beberapa kerusakan umum yang terjadi pada water pump adalah komponen kincir air berkarat akibat menggunakan air radiator sembarangan, kemudian bearing pompa air menjadi aus akibat terlalu seringnya mobil di pacu dengan keepatan tinggi sehingga timbul bunyi berisik. Dan kerusakan lainnya adalah adanya kebocoran pada water pump yang diakibatkan karena faktor usia, atau kesalahan dalam perakitan kembali pasca mesin dibongkar.

Nah oleh sebab itu sebaiknya anda rutin mengecek kondisi pomoa air mobil 2f dengan cara melihat secara visual apakah ada rembesan air, atau dengarkan sewaktu mesin dinyalakan, apakah terdengar bunyi mencicit di zone pompa air ataukah tidak. Bila terlihat adanya indikasi kerusakan sebaiknya lekas diperbaiki jika bisa, atau diganti dengan yang baru bila tidak memungkinkan untuk di perbaiki.

Fungsi Water Pump 2F

No comments:

Post a Comment