Selamat Datang Di Galery Mobil

Kampas Kopling Dan Cara Cek Kondisi Kampas Kopling

Fleksi Dan Kampas KLos


FUNGSI PEDAL KOPLING

Fungsi pedal kopling adalah untuk merubah gaya tekanan dari kaki pengemudi untuk diteruskan kedalam ace kopling, pedal kopling biasa terletak di withering kiri dan diinjak menggunakan kaki kiri.

FUNGSI Ace KOPLING ATAS

Ace kopling fungsi utamanya untuk meneruskan tenaga dari pedal kopling ke discharge kopling, dalam ace kopling ini terdapat seal atau perapat karet yang mencegah minyak kopling tidak bocor, serta store atau penampung minyak kopling, supply untuk minyak kopling ada yang menjadi satu dengan ace kopling dan ada yang terpisah.

Untuk supply minyak kopling yang terpisah dengan ace kopling, biasanya repository menjadi satu dengan store atau penampung minyak rem. Untuk yang bertanya apakah sama antara minyak kopling dengan minyak rem? Jawabannya adalah Ya, minyak kopling dan minyak rem adalah sama.

FUNGSI Discharge BEARING KOPLING

Merupakan sebuah bantalan berupa bearing atau kolaher yang fungsinya untuk menekan pelat pegas (matahari kopling) atau diafragma spring pada tutup kopling (spread grip).

Spread CLUTH (TUTUP KOPLING)

Spread Grip juga disebut dekrup atau matahari kopling, Fungsi grasp spread adalah sebagai dudukan kampas kopling dan menekan kampas kopling ke fly wheel untuk meneruskan tenaga dari mesin.

FUNGSI PLAT KOPLING ATAU KAMPAS KOPLING

Kampas kopling atau circle grip atau Grasp Plate adalah komponen kopling yang berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi, berbentuk piringan yang terbuat dari bahan asbes, kampas kopling atau plat kopling mobil harus diganti jika keausan sudah terasa.

Pada plat kopling terdiri dari confronting yang berfungsi sebagai bidang gesek yang dikeling pada pad plate dan berfungsi untuk memperlembut saat kopling berhubungan dan pad plate dikeling pada circle plate.

Pada plat kopling juga terdapat torsion damper atau pegas plat kopling yang berfungsi untuk meredam kejutan ketika kopling berhubungan.

GEJALA ATAU TANDA-TANDA KOPLING SUDAH TIPIS

1. Putaran mesin rata – rata lebih tinggi contoh jika kopling ordinary jalan 60km/jam gigi 3 dengan rpm mesin 2000 rpm, tetapi karena circle grasp aus rpm yang biasanya 2000 menjadi 3000 rpm pada gigi 3 kecepatan 60km/jam.

2. Ketika mobil jalan di tanjakan tercium bau gosong dari kampas kopling yang mulai selip atau mobil tidak kuat nanjak.

CARA CEK ATAU PERIKSA KONDISI KAMPAS KOPLING MOBIL

Cara cek kondisi kampas kopling mobil :

1. Mesin dihidupkan tarik rem tangan atau handrem,

2. Masukan gigi 1, lepas kopling perlahan kaki kanan dalam posisi menginjak rem dan gas perlahan

Selain itu, bila kampas kopling sudah habis dibiarkan saja atau telat menggantinya maka akan berpotensi menyebabkan kerusakan pada keseluruhan sistem kopling dan tentu saja biaya yang dikeluarkan tidak akan sedikit. Untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri bahwa kampas kopling anda akan habis, berikut tanda-tanda kampas kopling akan habis :


  • Selip kopling 


Ini terjadi karena kampas kopling sudah tipis, bahkan hampir habis sehingga kampas kopling tidak berfungsi sewajarnya. Selip ini akan mengganggu dan bagi anda yang baru pertama kali mengalaminya akan terasa terkaget-kaget.


  • Akselerasi lemah 


Dalam hal ini ada jeda waktu yang cukup panjang dari biasanya untuk mencapai kecepatan maksimal, ini terjadi karena control speed yang dihasilkan mesin lambat disalurkan.


  • Mobil kurang bertenaga 


Saat pedal gas diinjak, mesin mobil hanya meraung namun tidak ada tenaga, ini sangat berbahaya jika posisi anda berada pada jalur menanjak.


  • Putaran mesin tinggi 


Hal ini adalah akumulasi dari kampas kopling yang aus, akselerasi lemah, dan permukaan kampas yang licin menyebabkan fenomena ini dapat terjadi.


  • Tidak dapat oper gigi saat mesin panas 


Ini merupakan fenomena yang lainnya lagi, saat mesin masih dalam keadaan suhu typical atau dingin gigi mudah dipindahkan namun saat suhu mesin sudah panas gigi mobil sulit dipindahkan.


  • Terdengar suara gemuruh saat kopling diinjak 


Suara ini terdengar ketika kampas kopling sudah habis, ini juga sebagai tanda bahwa kerusakan sudah merembet ke bagian dekrup kopling mobil.


  • Kopling mengeluarkan bau hangus 


Bau hangus ini tercium biasanya saat mobil anda melalui jalan yang menanjak, ini menandakan kampas kopling mobil anda sudah mulai habis.

Jika anda sudah merasakan tanda-tanda diatas terjadi pada mobil anda, sebaiknya segera bawa mobil anda ke bengkel mobil. seperti yang telah disebutkan diatas, jika anda sampai telat mengganti kampas kopling mobil maka akan berimbas pada kerusakan sistem kopling mobil. Gantilah kampas kopling hanya dengan yang standar pabrikan, selain karena lebih awet, faktor keselamatan juga menjadi pertimbangan

Klik Disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kampas Kopling Dan Cara Cek Kondisi Kampas Kopling"

Post a Comment