Selamat Datang Di Galery Mobil

Manfaat Turbo Charger Pada Mobil Diesel



Fungsi TurboCharger - Berbicara mengenai Turbocharger, bagi kalian para pecinta otomotif pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut. Turbocharger biasanya terdapat di kendaraan roda empat yang mengusung mesin diesel, seperti truck dan juga mobil-mobil lain yang menggunakan mesin diesel. Turbocharger juga merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk sebuah mobil bermesin diesel karena mampu menghasilkan tenaga yang sangat gahar. 

Dan tanda adanya komponen yang satu ini sudah dapat dipastikan mesin-mesin diesel pada sebuah mobil tersebut tidak memiliki control atau tenaga yang bandel. Nah untuk pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai fungsi Turbocharger dan manfaat pada mesin diesel. Kalian juga dapat membaca artikel lain mengenai Pengertian Transmisi, Tipe, Fungsi, dan Komponennya di postingan sebelumnya.

Ngomong-ngomong soal Turbocharger, ada beberapa mobil diesel terbaik yang memiliki komponen Turbocharger seperti Toyota Hilux, All New CR-V Diesel, Toyota Fortuner, dan juga salah satu mobil keluarga terbaik yakni Toyota Kijang Innova. Mobil-mobil tersebut merupakan mobil yang dibekali dengan spesifikasi mesin diesel yang memiliki tenaga yang sangat gahar, terlebih dengan adanya Turbocharger yang nantinya akan menambah tenaga dari mobil tersebut.


Maka dari itu mobil-mobil dengan dukungan mesin diesel ini banyak diminati oleh para konsumen di luar negeri maupun dalam negeri. Nah daripada penasaran mengenai fungsi dari Turbocharger dan manfaat Turbocharger untuk mobil diesel, dibawah ini kami telah menyiapkan ulasan informasi mengenai Fungsi Turbocharger dan Manfaat pada Mesin Diesel yang telah kami siapkan dibawah ini dan dapat langsung kalian simak berikut ini.

Fungsi Turbocharger pada Mesin Diesel 

Untuk meningkatkan tenaga/performa dari mesin diesel salah satunya adalah dengan menggunakan Turbocharger. Prinsip kerja Turbocharger adalah dengan memanfaatkan panas gas buang sebagai tenaga untuk memampatkan udara pembakaran sehingga dihasilkan tenaga/control yang besar. Kemudian gas buang hasil pembakaran di setiap silinder disalurkan melalui ventilation system yang selanjutnya diekspansikan di Turbocharger sister turbin sehingga menghasilkan energi mekanik yang nantinya akan digunakan sebagai tenaga untuk memutar turbocharger di sisi blower.

Nah dengan adanay blower di sisi admission udara pembakaran akan menjadi semakin besar disisi consumption complex pada mesin diesel. Dibawah ini adalah gambar dari prinsip kerja dan fungsi Turbocharger.

Keterangan gambar diatas 


  • Warna meraha adalah aliran udara hasil dari pembakaran (gas buang) yang menuju dan memutar turbin wheel. Kemudian turbin wheel akan berputar pada porosnya dan memutar kompresor wheel. 



  • Warna biru adalah aliran udara yang dihisap dari luar oleh kompresor wheel, kemudian di alirkan dan distabilkan suhunya ke dalam intercooler kemudian dimasukan ke dalam ruang bakar. 


Manfaat Turbocharger 


  1. Meningkatkan tenaga pada mesin diesel menjadi lebih besar 
  2. Bahan bakar menjadi hemat karena sisa pembakaran akan dimampatkan dan dikembalikan dengan ruang bakar 
  3. Lebih ramah lingkungan karena pasoakn udara ke dalam mesin melimpah membuat compositions pembakaran menjadi lebih maksimal 
  4. Keuntungan mesin yang menggunakan Turbocharger 
  5. Desain Turbocharger yang kecil dan ringan, namuna yield sangat besar hingga 30-60% 
  6. Hemat bahan bakar 
  7. Suara bising mesin akan berkurang karena saluran gas buang yang digunakan untuk memutarkan turbin 
Mengurangi yield drop pada dataran tinggi dikarenakan di dataran tinggi udara sangat tipis, maka dengan adanya Turbocharger jumlah udara yang masuk ke mesin akan menjadi stabil

Nah itulah beberapa ulasan mengenai fungsi turbocharger, prinsip kerja, manfaat keuntungan dari Turbocharger..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Turbo Charger Pada Mobil Diesel"

Post a Comment