Monday, 22 April 2019

Pengertian Aki Kering Dan Aki Basah

Pengertian Aki Kering Dan Aki Basah

Ada dua jenis aki yang kerap dipakai kendaraan baik Roda 4 atau pun Roda 2. Kedua penghasil tegangan tersebut adalah aki basah yang menggunakan cairan elektrolit yang disebut air aki. Sedangkan, yang berikutnya adalah aki kering yang berisi elektrolit berbentuk gel.

Saat ini, hampir semua pabrikan sepeda engine sudah melengkapi produknya dengan aki kering. Hal ini memudahkan pengguna sepeda engine untuk tidak perlu repot lagi mengontrol volume air aki seperti yang sering dilakukan pada aki basah.

Meski tidak lagi memerlukan perhatian khusus assumed name support free, untuk menambah umur aki kering, tak ada salahnya jika kita mengecek apakah tegangan yang dihasilkan dari baterai kering tersebut masih ordinary (12 volt).

Meski begitu, terdapat perbedaan dari kedua jenis aki kering dan basah tersebut yaitu aki basah baru diisi air aki ketika ingin digunakan, sebaliknya aki kering sudah diisi air aki sejak keluar dari pabrik. Dari segi perawatan baik aki kering dan basah play on words memiliki perbedaan.

aki kering perawatannya jauh lebih mudah ketimbang aki basah. Pada aki kering cukup periksa zone ujung kabel dan terminal aki pastikan tidak ada jamur yang berwarna putih.

Kalau aki kering perawatannya hanya untuk terminalnya, cukup lihat ada yang putih atau tidak. Bila ada cukup siram dengan air panas saja otomatis jamur akan rontok dan aki typical kembali. Karena perawatan aki kering itu dalamnya ada air tapi airnya bisa menguap.

Nah yang withering banyak perawatannya itu aki konvensional (basah), usianya aki basah itu di air. Kalau airnya cepat kering itu tinggal nunggu saja. Maksudnya bila air aki kering sehari, seminggu, sampai sebulan dan seterusnya pasti aki rusak. Withering lama sebulan sudah pasti aki rusak dengan kondisi airnya kurang atau kering.

emilik kendaraan yang masih menggunakan aki basah supaya menambah air aki bila sudah berada di bawah batas maksimum yang sudah ditentukan.

"Disarankan satu bulan sekali harus ditambah airnya, hanya ditambahkan saja bukan dikuras. Karena aki basah itu penguapannya tinggi, dia (aki basah) terbuat dari timah hitam jadi sebulan sekali harus tambah air.
Pengertian Aki Kering Dan Aki Basah

Aki Rusak Percuma Di-Charge

Layaknya baterai, aki juga bisa di-charge. Tujuannya supaya arus listrik yang ada di dalam aki terisi penuh. Tetapi bila arus listrik pada aki selalu berkurang dan tidak kuat untuk melakukan starter yang patut dicurigai adalah alternator pada kendaraan.

Fungsi alternator itu sendiri adalah menyuplai energi listrik ke aki. Bila alternator bermasalah berarti tidak ada arus listrik yang masuk ke aki, maka aki wajib di-charge. Tapi pastikan dahulu aki dalam keadaan berfungsi dengan ordinary.

0 comments :

Post a Comment